Perdana, Pemkot Bandung Luncurkan Pasar Kreatif UMKM di Hotel

0
114
Dekranasda dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menggelar pasar kreatif di Gastro Centra Bandung, Hotel Pullman. (Dok. Humas Pemkot Bandung)
Dekranasda dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menggelar pasar kreatif di Gastro Centra Bandung, Hotel Pullman. (Dok. Humas Pemkot Bandung)

SuaraUMKM, Jakarta – Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung menggelar pasar kreatif UMKM di Gastro Centra Bandung, Hotel Pullman pada Jumat, 17 Maret 2023.

Menurut Yana Mulyana, pasar kreatif ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemkot Bandung dalam meningkatkan perekonomian di Kota Bandung dengan memaksimalkan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Ini salah satu bentuk upaya Pemkot Bandung dalam meningkatkan perekonomian di Kota Bandung, dengan cara memaksimalkan peran UMKM,” ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dalam acara Grand Launching Pasar Kreatif Bandung.

Baca Juga : Malaysia Jajaki Kerjasama Pengembangan Produk UMKM Kota Bandung

Acara ini diharapkan dapat menjadi simbiosis mutualisme antara UMKM dan tamu hotel yang ingin berbelanja produk kota Bandung, sehingga saling menguntungkan.

Dengan adanya kegiatan ini, Yana berharap perekonomian di Kota Bandung bisa tumbuh hingga 6 persen, setelah sebelumnya mengalami penurunan sebesar 3,37 persen.

“Setelah itu, yang kemudian harus diupayakan adalah menekan angka inflasi. Sehingga, ketika memiliki uang Rp100.000 dan berbelanja di Kota Bandung, bisa mendapatkan barang yang banyak. Berbeda dengan berbelanja di kota lain yang tingkat inflasinya tinggi, dengan uang Rp100.000, hanya mendapatkan sedikit barang,” papar Yana.

Baca Juga : Gumasep Kecamatan Antapani Lejitkan Omzet 120 Pelaku UMKM

Sementara itu, Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah menjelaskan bahwa acara ini digelar di Hotel Pullman karena baru Hotel Pullman yang memberikan fasilitas memadai bagi UMKM.

Fasilitas yang diberikan secara gratis adalah stan selama 6 bulan, sehingga pelaku UMKM hanya tinggal membawa produk terbaik mereka.

“Sementara ini, kami memang baru bekerjasama dengan Hotel Pullman, dan Alhamdulillah, kami bisa memberikan fasilitas yang memadai,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pelaku UMKM Asal Batam Siap Adaptasi Sistem Pembayaran QRIS Antarnegara

Elly mengatakan bahwa meskipun pihaknya belum dapat menentukan target yang bisa diraih pada acara kali ini karena ini merupakan kali pertama pasar kreatif digelar di hotel, namun ke depan pihaknya akan melirik hotel-hotel bintang 4 agar bisa menjalin kerjasama serupa.

Sumber : Radar Bandung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini